NEWSROOM
Cara Print Dari Ponsel Android
Posted on 23 Maret 2013 by Admin

Untuk mencetak sebuah document atau foto dengan printer, biasanya kita membutuhkan perangkat komputer yang terhubung dengan printer. Dan biasanya jika kita ingin mencetak foto dari ponsel atau handphone yang kita butuhkan adalah kita harus melakukan transfer foto atau file ke dalam laptop/komputer dan harus mencetaknya satu persatu sesuai data yang kita ingin untuk dicetak. Namun, kini ada beberapa cara yang lebih mudah sebagai solusi untuk masalah tersebut. Kini dapat mencetak dari ponsel android langsung ke printer dengan menggunakan beberapa aplikasi yang disediakan oleh perusahaan-perusahan pengembang teknologi internet, teknologi cetak dan jaringan. Salah satunya adalah mencetak atau print langsung dari ponsel Android dengan aplikasi PrinterShare.


cara cetak dari android

PrinterShare merupakan aplikasi populer produksi developer Mobile Dynamix. PrinterShare mempunyai dua mode yaitu Nearby dan Remote. Mode Nearby memungkinkan Anda untuk menghubungkan smartphone dengan printer melalui jaringan WiFi. Untuk menggunakan mode Nearby dengan koneksi langsung antara smartphone dan printer, caranya cukup sederhana:

  1. Jika Anda belum memiliki aplikasi ini, bisa didownload di Application Store Android.

  2. Install PrinterShare pada perangkat Android Anda.

  3. Pastikan printer Anda mendukung koneksi WiFi

  4. Buka program PrinterShare yang terinstall

  5. Add printer dengan cara pencet tombol menu kemudian pilih add printer ( jika pakai WiFi pilih nearby printer WiFi dan jika menggunakan bluetooth pilih nearby printer bluetooth) 

  6. Kemudian smartphone Android akan melakukan scanning atau pendeteksian perangkat printer, kita pilih printernya

  7. Setelah itu itu pilih merek printernya dan pilih seri printernya. Ponsel Android Anda akan  mendownload drivernya supaya bisa digunakan jika memang diperlukan

  8. Jika instal driver sudah selesai, tandanya kita siap ngeprint dari ponsel Android


Cara mencetaknya :

  1. Buka aplikasi PrinterShare, kemudian pilih jenis file yg mau di cetak, jika nanti kita buka jenis file baru yg blom pernah dibuka, HP nya bakal ngedownload library bwat bikin preview, jadi kita bisa liat contoh hasil print nya 

  2. Untuk pengaturan kertas dan margin bisa pilih option di kanan atas 

  3. Jika semua pengaturan yang diperlukan sudah selesai, pilih print di kiri atas untuk mulai nge-print 

  4. Karena ini dari ponsel, maka transfer data nya sedikit lebih lamban daripada dari PC/laptop, jadi jika terjadi printer terkadang berhenti sebentar sekitar 2 detik artinya hal itu wajar terjadi, menyesuaikan dengan memory dan processor yang digunakan printer tersebut 

  5. Cek hasil cetak/print apakah sudah sesuai dengan yang diinginkan.

 

Apabila printer Anda tidak mendukung koneksi WiFi, Anda bisa menggunakan mode Nearby menggunakan PrinertShare desktop client yang di-install pada komputer, berikut ini caranya:

  1. Download dan Install PrinterShare pada perangkat Android Anda,

  2. Pastikan komputer dan printer telah terkoneksi, ter-setting dan siap untuk digunakan,

  3. Download dan Install PrinterShare desktop client pada komputer,

  4. Pada PrinterShare desktop client komputer Anda, cari printer yang Anda gunakan pada list Local Printers dan klik Share.

  5. Selanjutnya PrinterShare pada Android Anda akan langsung mendeteksi printer yang di share tersebut.

Apabila Anda tidak memiliki koneksi WiFi, Anda bisa menggunakan mode Remote. Mode ini hampir mirip dengan mode Nearby menggunakan desktop client, hanya saja pada mode ini Anda akan menggunakan jaringan internet sebagai perantara antara Android dan komputer. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Download dan Install PrinterShare pada perangkat Android Anda,

  2. Pastikan komputer dan printer telah terkoneksi, ter-setting dan siap untuk digunakan,

  3. Download dan Install PrinterShare desktop client pada komputer,

  4. Pada PrinterShare desktop client komputer Anda, cari printer yang Anda gunakan pada list Local Printers dan klik Share.

  5. Pada Android Anda, klik Menu -> Remote Printers -> create User ID. User ID bisa Anda temukan pada sudut kiri atas PrinterShare desktop client.

  6. Selanjutnya semua perangkat sudah siap untuk melakukan print. Saat Anda memilih file untuk di-print, desktop client mengeluarkan notifikasi, klik New job -> Print. Langkah notifikasi diperlukan untuk mencegah pengguna lain mengakses printer Anda.

Cara yang sama bisa juga dilakukan dengan perangkat tablet Android. Metode ini secara umum bisa digunakan pada printer laser dan printer inkjet meski belum semua printer. Pada langkah mode Remote, menunjukkan bahwa Anda bisa mengirim file pada desktop client lain di seluruh dunia. Contoh, apabila Anda tidak memiliki printer di rumah, Anda bisa meminta tolong teman Anda yang berada jauh dari rumah Anda untuk print file milik Anda, Anda tinggal kirim file tersebut ke PrinterShare desktop client milik teman Anda. Anda bisa mendapatkan aplikasi PrinterShare ini di http://www.printershare.com/ untuk versi desktop dan mobile.

Tag : Cara Ngeprint dari Android
PRODUCTS
DAFTAR OUTLET
Daftar Alamat Outlet Aston Printer yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia >>>> click here
CONTACT
PT. Aston System Indonesia
Head Office
Jl. Imam Bonjol No.28 Salatiga
Jawa Tengah, Indonesia
Email : printercenter@astonprinter.com
Telp : (0298) 7187871
© 2013 By Aston Printer Center, Selalu Memberikan Yang Terbaik