NEWSROOM
Tips Merawat Printer Inkjet
Posted on 23 Maret 2013 by Admin

Printer merupakan sebuah perangkat keras yang dihubungkan pada komputer yang berfungsi untuk menghasilan cetakan baik berupa tulisan ataupun gambar dari komputer pada media kertas atau yang sejenisnya. Salah satu jenisnya adalah printer inkjet. Printer inkjet merupakan printer yang paling banyak digunakan di Indonesia. Printer ink jet adalah printer yang mencetak dengan cara menyemprotkan tetesan-tetesan kecil tinta ke kertas. Printer ini bervariasi dari yang murah untuk penggunaan rumahan sampai yang harganya puluhan juta rupiah untuk penggunaan yang lebih professional. Berbagai merek printer inkjet beredar di Indonesia, bahkan ada yang memiliki area produksi sendiri di Indonesia. Jika Anda pengguna printer inkjet, maka Anda pun sebaiknya mengetahui bagaimana cara penggunaan dan perawatan printer inkjet yang baik agar printer yang Anda gunakan bisa bertahan lama dan kinerjanya tetap stabil. Berikut beberapa tips merawat printer inkjet yang bisa Anda terapkan sesuai dengan printer inkjet yang Anda gunakan di kantor atau di rumah.

 

  • Selalu gunakan printer secara periodik (sesering mungkin minimal 2 kali seminggu), jangan biarkan printer anda menganggur terlalu lama, karena tinta yang terdapat pada nozzle head bisa mengering sehingga menyumbat pengeluaran tinta.

  • Pastikan kertas sesuai dengan printer. Kondisi kertas harus sesuai tidak terlalu tipis atau terlalu tebal, dan yang terpenting kertas tidak kusut agar printer tetap awet dan tahan lama. Dan tentu saja untuk menghindari terjadinya paper jam.

  • Gunakan fasilitas Clean Head yang biasanya terdapat di dalam software yang disertakan bersama printer untuk melakukan pembersihan Nozle Head secara berkala jika memang diperlukan.

  • Jagalah kebersihan printer secara teratur, jangan sampai ada benda asing atau hewan yang masuk sehingga menyebabkan printer mengalami gangguan dan tidak awet.

  • Bersihkan beberapa bagian printer secara berkala dari debu dan kotoran, jangan biarkan ada benda-benda asing masuk atau terjatuh kedalam printer anda. Jangan menggunakan lap yang basah oleh air saat membersihkan printer.

  • Biasakan untuk selalu mematikan printer jika tidak digunakan. Hal ini akan mencegah menutupnya lubang-lubang aliran tinta dalam kepala printer.

  • Usahakan untuk tidak mencabut kabel printer saat mematikan printer, tetapi gunakan tombol on/off, sehingga saat dimatikan head printer akan kembali ke kedudukannya sehingga tinta tidak mudah mengering. Bahkan beberapa printer ada yang dilengkapi fitur untuk auto cleaning ketika printer dalam kendisi off dengan syarat kabel power printer masih terkoneksi dengan aliran listrik rumah atau kantor.

  • Jagalah kondisi cartridge karena cartridge printer dipenuhi penghubung listrik yang halus dan akan berpengaruh pada hasil cetakan, perlakukanlah selalu cartridge dengan hati-hati. Termasuk saat mengganti tinta.

  • Jangan menyentuh bagian elektrik dari cartridge seperti chip maupun head dengan menggunakan jari anda, karena listrik statis pada tubuh terkadang dapat merusak komponen, apabila terpaksa membersikan gunakan kertas tissue dengan kualitas baik, karena kertas tissue dengan kualitas jelek justru akan meninggalkan partikel kertas dan berpotensi menyumbat nozle head.

  • Jika menggunakan tinta refill pastikan menggunakan refill kualitas baik yang direkemondasikan oleh printer center atau toko printer tempat Anda membeli printer.

  • Jangan mengisi cartridge terlalu penuh karena dapat menyebabkan terjadinya kebocoran pada cartridge dan dapat merembet pada motherboard printer jika Anda kurang hati-hati ketika mengisi tinta printer sendiri.

  • Jangan membiarkan printer anda kosong tanpa cartridge dalam jangka waktu yang lama, sebab dapat menyebabkan print head menjadi kering.

  • Perhatikan wastepad (buangan tinta) printer anda, ganti wastepad atau gunakan pembuangan luar sehingga tinta tidak akan meleber di dalam printer.

    Jangan biarkan cartridge printer berada terlalu lama di luar printer agar tinta tidak mengering serta jangan lupa tutup bagian penutupnya jika printer selesai digunakan

  • Jangan pernah membuka casing printer, karena komponen printer hanya bisa di service oleh orang yang benar-benar sudah memahami.

  • Jika anda tidak ada objek untuk mengcetak atau print dalam waktu lama, maka sebaiknya Anda cukup menghidupkan printer anda selama 10 menit ( paling tidak satu minggu sekali ) agar printer melakukan cleaning yang akan menyebabkan, pembasahan head atau selang printer atau cukup memastikan kabel power terkoneksi dengan aliran listrik rumah atau kantor untuk printer yang memiliki kemampuan auto cleaning ketika tidak digunakan.

Dengan melakukan pemeliharaan secara berkala dan teratur setidaknya printer inkjet Anda akan bertahan lebih lama dan tetap dapat digunakan dengan baik. Jika memang ada masalah teknis yang terjadi pada printer Anda jangan ragu untuk membawanya ke printer center atau toko printer seperti Aston Printer Center yang akan membantu menyelesaikan masalah teknis yang terjadi pada printer Anda. Aston Printer Center : Selalu Memberikan Yang Terbaik.  

Tag : Cara Merawat Printer Inkjet
PRODUCTS
DAFTAR OUTLET
Daftar Alamat Outlet Aston Printer yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia >>>> click here
CONTACT
PT. Aston System Indonesia
Head Office
Jl. Imam Bonjol No.28 Salatiga
Jawa Tengah, Indonesia
Email : printercenter@astonprinter.com
Telp : (0298) 7187871
© 2013 By Aston Printer Center, Selalu Memberikan Yang Terbaik